Kamis, 12 Juli 2012

NILAI KELURGA


NILAI KELURGA
Definisi Dasar
Nilai merupakan cirri sentral dari system kepercayaan seseorang individu karena kualitas kepercayaan mereka. Nilai adalah “sesuatu yang berharga baik menurut standar logika (benar – salah), estetika  (bagus – buruk), etika (adil / layak – tidak adil / tidak layak), dan hokum (sah – tidak sah) serta menjadi acuan dan atau system keyakinan diri maupun kehidupan”
Nilai Keluarga
Nilai keluarga merupakan suatu system, sikap dan kepercayaan yang secara sadar atau tidak, mempersatukan anggota keluarga dalam satu budaya. Nilai keluarga juga merupakan suatu pedoman bagi perkembangan norma dan peraturan yang terdapat dalam keluarga (Muwarni, 2007).
Definisi Norma
Norma adalah aturan – aturan yang berisi petunjuk tingkah laku yang harus atau tidak boleh dilakukan manusia dan bersifat mengikat. Hal ini berarti bahwa manusia wajib menaati norma yang ada. Norma adalah kaidah atau ketentuan yang mengatur kehidupan dan hubungan antar manusia dalam arti luas. Norma merupakan petunjuk hidup bagi manusia dan pedoman perilaku seseorang yang berlaku dimasyarakat.
Perubahan Nilai Pada Kelurga
Menurut Ronalt Lippit, hal- hal yang mendorong terjadinya perubahan pada keluarga adalah :
·         Berkembangnya kebudayaan materi
·         Tingkat penemuan dan inovasi teknologi
·         Perbaikan fasilits transportasi dan komunikasi
·         Meluasnya industrialisasi
·         Urbanisasi
Perbedaan Dalam Sistem Nilai
·         Klien dan tenaga professional dalam perawatan keluarga
Salah satu stressor dalam hubungan antara tenaga kesehatan dan klien (keluarga) adalah kesenjangan sosial yang tercipta oleh kelas sosial dan / atau perbedaan nila. Karena keyakinan dan nilai dasar yang berbeda maka tujuan akan berbeda, komunikasi yang tidak jelas, interaksi yang tidak tepat.
Contoh :
·         Bahaya stereotype
Sebagai perawat keluarga sebaiknya memiliki informasi dasar tentang kelas sosial dan perbedaan kebudayaan klien, selain itu perlu diperhatikan pula mengenai studi dan deskripsi yang mengemukakan kecenderungan pada kelompok buka individual
Orientasi Nilai
·         Prestasi individu dan produktivitas
·         Individualism
·         Materialism
·         Etika kerja
·         Pendidikan
·         Persamaan hak
·         Orientasi masa depan
·         Efisiensi, ketentraman dan kepraktisan
·         Rasionalitas
·         Kualitas hidup dan pemeliharaan kesehatan
·         Melakukan orientasi
·         Toleransi terhadap perbedaan
Nilai – nilai Keluarga
·         System nilai keluarga dianggap sangat mempengaruhi nilai pokokyang ada di dalam masyarakat selain itu nilai keluarga juga dapat dipengaruhi oleh nilai subkultural dalam keluarga itu sendiri.
·         Sebuah nilai dari keluarga dan system keyakinan membentuk pola tingkah laku seseorang dalam menghadapi masalah yang diahadapi oleh keluarga
Variabel Utama Yang Mempengaruhi Sistem Nilai Keluarga
·         Kelas sosial
·         Budaya
·         Latar belakang agama
·         Tingkat alkulturasi dengan kebudayaan yang dominan
·         Tahap perkembangan
·         Idiosinkrasi (keadaantidak normal / tidak sesuai) keluarga dan pribadi
Konflik Nilai
·         Bermacam – macam nilai sosial
·         Konflik nilai cultural anatara kultur dominan dan subkultural
·         Konflik nilai anatara generasi
Bermacam – Macam Nilai Sosial
Dalam masyarakat kebanyakan masih berpegang teguh pada nilai dan norma yang tradisisonal namun sebagian individu dan kelompok yang lain tidak dapat menerima dan lebih memilih seperangkat nilai dan norma yang baru.

Konflik Nilai Kultural Antara Klutur Dominan Dan Subkultural
Ketika keluarga dianggap sebagai pelaku perantara antara budaya – saat terjadi ketimpanagn dalam nilai yang dianut oleh keluarga dan masyarakat dapat menimbulkan konflik nilai, yang mana meningkatkan stres dalam keluarga sebagai sebuah system dan secara negative mempengaruhi anggota keluarga.
Konflik Nilai Antara Generasi
Keluarga terdiri dari individu dari beberapa generasi, setiap generasi membawa nilai yang dibawa oleh generasinya masing – masing kedalam keluarga. Contoh : kakek / nenek yang memegang nilai tradisional dan nilai modern, anak memegang nilai modern maka konflik akan sulit terhindari, khususnya pada keluarga luas / keluarga dengan anak adolesen

3 komentar:

  1. Do you play Clash of Clans? Try http://maxclashgems.com Get 100 ( gems here for free! (85UYZ)

    BalasHapus
  2. Do you play Clash of Clans? Try http://maxclashgems.com Get 100 ( gems here for free! (85UYZ)

    BalasHapus